SELAMAT DATANG

selamat datang di blog kami, segala apa yang disajikan di blog ini baik itu berupa tulisan kami sendiri, tulisan seseorang, ataupun kami riview dari beberapa blog lain, semata-mata hanya untuk memperluas informasi dan membantu rekan-rekan yang lain dalam menambah ilmu pengetahuan khususnya di bidang teknologi informasi.

terima kasih atas kunjungannya dan :

S A L A M S U K S E S

Menambahkan fasilitas download pada blogspot

Menggunakan sebuah blog apalagi blog gratisan, tentu saja ada fitur-fitur yang dibatasi. Misalnya menggunakan Bogger.com berarti kita tidak memiliki fasilitas untuk upload / download file. Lain halnya jika kita menggunakan blog di Multiply.com yang memang menyediakan fasilitas download. Jika kita ingin menambahkan fasilitas download pada blog kita, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Menggunakan sebuah blog apalagi blog gratisan, tentu saja ada fitur-fitur yang dibatasi. Misalnya menggunakan Bogger.com berarti kita tidak memiliki fasilitas untuk upload / download file. Lain halnya jika kita menggunakan blog di Multiply.com yang memang menyediakan fasilitas download. Jika kita ingin menambahkan fasilitas download pada blog kita, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:


* Mencari Hosting, langkah pertama adalah mencari hosting tempat kita akan menaruh file-file kita nantinya, harapannya tentu saja adalah hostingan yang gratis, dengan kapasitas yang besar, tanpa ada batasan download. Tapi tentu saja hal itu sama dengan mencari jarum ditumpukan jerami, lagian siapa sih yang mau menyediakan hardisknya gratis untuk khalayak ramai?. Well... untuk percobaan silahkan anda gunakan http://Geocities.Com, kenapa saya memilih ini?, karena layanan hosting disini cukup aman, artinya file-file kita tidak tiba-tiba terhapus saja gara-gara sekian lama tidak diakses. Lagipula proses untuk mengupload filenya cukup simpel.

* Mendaftar ke hosting, bagi yang sudah memiliki account email di Yahoo!, maka yang bersangkutan tidak perlu melakukan langkah yang ini, cukup login ke emailnya di yahoo, kemudian buka di browser satunya geocities.com, dan lanjutkan ke langkah Yahoo! Geocities dibawah. Bagi yang belum kita akan langsung diminta untuk mendaftarkan alamat yang kita butuhkan. Langkah untuk mendaftar ke hosting adalah sebagai berikut:

* buka alamat http://geocities.yahoo.com/ atau http://geocities.com , setelah itu klik tombol Sign Up, kita akan dibawa ke halaman tempat biasanya para pengguna Yahoo! mail login, disana ada tulisan "Dont Have Yahoo Id? Sign Up ", klik sekali lagi tulisan Sign Up tersebut, bagi yang sudah punya email di Yahoo! bisa menggunakan tombol Sign In, dan diisi dengan username dan password Yahoo! mail nya.

* Kita akan dibawa ke Halaman registrasi yahoo!, silahkan isikan informasi biodata yang kita inginkan sama seperti kita mendaftar email biasa, setelah selesai jangan lupa checklist pada "I have read ..." dan click Create My Account , mungkin terjadi beberapa kali error karena salah postal code, atau password yang tidak sama, atau username yang sudah ada, tetapi sabar yahh,.... ulangi terus sampai berhasil, oh ya.. password dan username jangan sampai lupa

* kalau sudah berhasil, kita akan dibawa pada halaman Yahoo Registration Confirmation , dihalaman ini, silahkan klik tombol Continiu

* Yahoo! Geocities, setelah langkah diatas selesai, kita akan kembali ke layar yahoo! geocities, ada 3 pertanyaan yang harus kita jawab: "What Type of website ..." dan seterusnya, pilih saja Personal, untuk pertanyaan ke2 jawab dengan menchecklist salah satu pilihan yang ada, kemudian masukkan kode yang sudah disediakan kedalam kotak isian dan klik tombol Submit . dan Hosting kita sudah selesai... :D

* Langkah berikut kita dibawa pada control panel dari Geocities.com, klik tab Manage kemudian klik tulisan Easy Upload, kita akan dibawa pada 5 buah isian dengan tombol browse, gunakan tombol browse untuk mencari file yang akan kita upload, misalkan saja nama filenya adalah laporan3.zip, maka gunakan browse untuk mencari file tersebut, jika masih ada file yang akan di upload, gunakan lagi tombol browsenya, lakukan hal tersebut sampai seluruh file sudah siap untuk di upload. setelah itu klik tombol Upload files.

* setelah proses upload selesai, berarti kita sudah mempunyai file yang telah kita upload ke hosting di geocities.com, klik lagi tab Home > Manage > File Manager > Open File Manager untuk melihat daftar file yang sudah kita upload, setelah file laporan3.zip sudah terdaftar dalam daftar file, maka klik kanan pada hyperlink View dan pilih Copy Shortcut (kalau anda menggunakan Internet Explorer), kemudian buka blog, dan pastekan link yang dicopy tadi pada blog untuk menunjukkan file yang akan didownload (biasanya linknya seperti http://www.geocities.com/[nama akun di geocities]/laporan3.zip )

* dan... kita sudah punya fasilitas untuk mendownload toh di blogspot kita?.... :)


Selamat mencoba...

0 komentar:

Posting Komentar

komentar anda langkah yang baik demi blog ini

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com